Mengenal Lebih Dalam Mesin Pom PertaMini Digital dan Manual

Mesin pertamini digital manual - Informasi barang tronik kali ini akan mengulas tentang Mengenal Lebih Dalam Mesin Pom PertaMini Digital dan Manual, di dimana ahir ahir ini mesin pom mini menjadi sebuah mesin yang sedang hangat hangatnya di kalangan masyarakat, banyak para penjual BBM eceran yang sudah melakukan jualan bensin eceran menggunakan botolan beralih dengan berjualan BBM menggunakan sebuah mesin alat jialan BBM yang lebih dikenal dengan nama pom mini atau pertamini, ada juga yang menyebutnya mini fuel dispenser pom bensin mini.

Mungkin anda pernah melihat keberadaanpenjual bensin eceran yang menggunakan sebuah mesin layaknya pom bensin SPBU milik pertamina, yang jualan bensin eceran menggunakan pom mini biasanya adalah para pengusaha yang rumahnya berada di pinggir jalan atau yang mempunyai warung dipinggir jalan. Jika menemukan mesin layaknya di SPBU milik peertamina berada di pinggir jalan namun tempatnya sederhana atau megah sekalipun jika di jual dengan harga di atas harga yang berada di Spbu milik pertamina, dapat dipastikan itu adalah pom mini atau pom bensin mini, dan sekarang rasanya mustahil jika anda tidak pernah melihat yang disebut dengan pom mini.

Keberadaan mesin pom mini yang sedang marak di masyarakat merupakan penomena tersendiri yang sedang menjadi trend usaha sekarang ini, banyak yang meraup keuntungan dari keberadaan yang namanya nesin pom mini, mulai dari pengusaha pembuatan mesin atau produksi, penjual mesin,  penjual sparepart pom mini, tukang las, mekanik pom mini, supir, sampai ke penjual bbm eceran, semuanya ikut andil dalam mengambil keuntungab dari keberadaan pom mini, dan tidak bis dipungkiri bahwa kebetadaan pom mini merupakan penomena tersendiri di Indonesia, terbukti banyak sekali para penjual dan produksi mesin pom mini dan pemakai mesin pom mini di beberapa daerah di Indonesia.

Munculnya pom mini di kalangan masyarakat indonesia menuai beberapa permasalahan bisik bisik tetangga yang mengatakan da berpendapat berbeda beda, seperti ada yang menyebutkan bahwa pom mini adalah legal, namun tak jarabg yang beranggapan bahwa pom minj adalah ilegal. Legal dan ilegalnya mesin pom mini sebetulnya masih menjadi misteri, karena jika dikatakan legal pom mini belum semua mesin yang beredar memiliki surat tertulis tentang izin dan peraturan berlaku, namun jika dikatakan ilegal pom mini banyak beredar di masyarakat dan bisa dikeyahui oleh pemerintahan setempat tentang usaha pom mini, selain itu pom mini mengambil pasokan bbm ddari SPBU milik pertamina dan secara tidak langsung pertamina mendukung jeberadaan pom mini di berbagai daerah untuk membantu masyarakat dalam hal mendapatkan pasokan BBM yang belum terjamah oleh pom SPBU milik pertamina.

Bagi yang batu mau mulai usaha jualan BBM eceran menggunakan mesin pom mini sebaiknya buatlah izin usaha, karena sekecil apapun usaha kita perlu membuat izin usaha, tak lupa pada mereka yang sudah berjalan usaha jualan bbm dengan pom mini segera lengkapi izin usahanya sebagai bukti kecintaan kita pada tanah air. Untuk lebih mengenal mesin pom mini berikut akan kami uraikan beberapa mesin pom mini beserta jenis jenisnya dan cara kerjanya, selain itu akan di uraikan pula kelebihan dan kelemahan mesin pom mini.
Mengenal Lebih Dalam Mesin Pom PertaMini Digital dan Manual

Pada dasarnya mesin pom mini di bedakan berdasarkan sensor alat takar yang digunakan pada sebuah mesin pertamini digital, sebelum ke pembahasan perlu kita ketahui dulu bahwa mesin pom minj ada dua jenis, yakni mesin pom mini digital dan mesin pom mini manual, mesin pom mini digital sendiri ada mesin pom mini digital portable dan ada mesin pom minj digital non portable. Untuk mesin pom mini digital merupakan gabungan antara beberapa komponen mesin atau sparefart pom mini yang disatukan dalam sebuah casing dengan saling bekerjasama satu komponen dengan komponen lainnya, alat slarefart pom mini digital seperti cpu, display, keypad, power suply switching, sensor (flowsensor atau assy meter) pompa, selang, noozle, noozle boat, pipa, penampungan dan kesing, serta komponen acessories lainnya.
Mengenal Lebih Dalam Mesin Pom PertaMini Digital dan Manual
Pada sebuah mesin pom mini digital, untuk sekarang ini terdapat 4 jenis mesin pom mini rakitan, ke empat jenis mesin pom mini digital rakitan di bedakan berdasarkan alat takar dan komponen yang digunakan, jenis mesin pom mini bedasarkan komponen yang digunakan adalah srbagai berikut:

1. Pom mini yang menggunakan alat takar flowsensor, atau di dunia pom mini disebut mesin flowsensor. Mesin seperti ini memiliki tampilan luar sama seperti mesin pom mini lainnya, dan dari ke empat jenis mesin ini tampilan luarnya sama saja dan bedanya adalah pada alat takar atau sensor yang digunakan. Mesin flowsensor menggunakan komponen cpu set sama dan cpu ini bisa digunakan di mesin alat takar lain kecuali pada mesin rotak dengan sedikit perbedaan program cpu, flowsensor yang biasa digunakan adalah flowsensor merk aichi dan merk sea, ada juga merk lain sesuai kebutuhan, namun tetap saja ini adalah mesin flowsensor dengan kemampuan mesin mengeluarkan bbm perhari meksimal sampai 500 liter dan idealnya adalah 300 liter per hari.

2. Mesin pom mini assy meter, mesin ini sama dengan mesin di atas tentang komponen yang digunakan bedanya hanya pada sensornya saja, yakni ini menggunakan adsy meter bukan menggunakan flowsensor, selain iti pompa yang digunakannyapun sedikit lebih besar dibandingkan pompapada mesin flowsensor, harga mesin assy meter lebih mahal dari mesin flowsensor karena assy meter sediri merupakan alattakar yang biasa di gunakan pada mesin pom bensinSPBU milik pertamina, dan jika di spbu pertamina menggunaan assy meter jepang atau lainnya, pada pom mini biasa menggunakan assy meter cina sesuai permintaan konsumen dan budget harga jual.

3. Pom mini orian atau rakitan mirip ori mesin import luar negeri dengan komponen seperti di mesin SPB‎U milik pertamina, dengan menggunakan system gear pomp pompa nya, selain itu cpu dan displaynya biasanya tidak menggunakan segmen sepwrti pada ke dua mesin di atas, namun menggunakan digital seperti di SPbu pertamina , dan harga jauh lebih mahal dibandingkan dengan mesin di atas.

4. Mesin pom mini digital rotax flowsensor debgan komponen sama dengan poin 1,2 hanya mesin ini menggunakan rotax mobil sebagai penggerak alat takar dan harga mesin dijual dengan harga di bawah ke tiga jenis mesib di atas.

Selain empat mesin digital di atas ada juga mesin manual yang pengoperasiannyatidak menggunakan listrik namun mengandalkan tenaga mausia dengan memutar alat takar berupa katrol sampai tabung pengukurcpenuh, setelah itu tinggal isi ke tengki pembeli.

Dari beberapa meain pom mini yang ada baik digital maupun.manual, masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Diantara kelebihan mesin pom mini digital dan manual adalah sebagai berikut:

1. Pom mini digital bisa melayani pembelian dengan nominal berapapun dan tinggal tekan pada nominal atau liter yang diinginkan, sedangkan mesinmanual tidak bisa karena harus memutar dan mengetahui jumlah takaran pembelian jmlah nominal.

2. Pom mini digital tinggal tekan sedangkan manual harus memutar dulu dan mengeluarkan tenaga.

3. Pom mini digital bisa cek pengeluaran per hari, pom mini manual tidak bisa kecuali di catat manual di buku.

4. Pom mini digital memerlukan listrik sebagai tenaga mesin, pom mini manual tidak perlu listrik dan saat nato lampu tetap bisa jualan.

5. Pom mini digita harga mahal, pom mini manual harga lebih murah.

6. Pom mini digital bisa melayani pembeli dengan cepat, pom mini manual harus menuggu proses engkol sampai tabug terisi penuh.

Jika membutuhkan sparepart pom mini silahkan buka postingan harga sparepart pom mini di blog barang tronik ini.

Nah dari beberapa kelebihan dan kekurangan mesin pom mini digital dan manual dapat disimpulkan bahwa penfgunaan mesin pom mini bisa menyesuaikan keadaan anda, seperti jika dana budget tetbatas tetapi ingin jualan bbm menggunakan pom mini maka pilihlah pom mini manual dengan harga lebih murah dan joka lokasi anda sering mati lampu sebaiknya pilih juga pom mini manual, namun jika rata rata pembeli bbm adalah dengan nominal berapapun( tidak terpaku jumlah literan) maka pilihlah pom mini digital, dan sebagainya.

Untuk informasi mesin pom mini maupun sparepart serta pemesanan peratan pertamini, silahkan hubungi  Tlp/WA di  085317705898 (Asep D).


Ahir kata semoga tulisan ini bermanfaat, sebetulnya masih banyak dalam pikiran yang ingin saya tulis tentang mesin pom mini, namun karena tangan sudah pegal dan mata sudah lengket ya dirasa untuk pemaparan sekarang di cukupkan sekian dulu.
Mengenal Lebih Dalam Mesin Pom PertaMini Digital dan Manual Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Fauziah